Gimana Sih Bisnis Online Itu?

“Gimana sih caranya dapetin duit dari blog, Hel?”

Helda sering nerima pertanyaan di atas. Apalagi Helda sebut di halaman ‘About’, Helda ituh profesinya sebagai full-time blogger. Helda sih seneng banget kalu ada yang nanya-nanya tentang blog dan gimana caranya dapetin duit dari situh. Tapiii.. Yang Helda sayangkan adalah pertanyaan ngga sesuai dengan tindakan. Pengennya instan kali yee.. ;p

Nah kalu uda ditanya gitu, Helda langsung tanya lagi:

“Uda punya blog, belum?”
“Uda rutin nulis, belum?”
“Coba buat 100 posting dulu baru nanya ke Helda lagi.”

Yang lainnya nanya ke Helda, begini:

“Bisa ngga kita jualan lewat Internet?”
“Bisa. Tuh banyak sekarang yang jualan via Facebook. Coba ajah dulu.”

Nah, setelah ituh ngeluh ngga tau bikinnya padahal belum coba. Dianya minta Helda ajarin, dibayar pun. Giliran Helda sebut angka dibilang kemahalan tapi ngga nawar. Hadeuu..

Blogging Helda

Blogging

Sebenernya apa sih bisnis online ituh? Apa cuma lewat iklan di blog? Jualan di Facebook? Setau Helda, bisnis online ituh adalah segala kegiatan bisnis yang dilakukan lewat media Internet, jadi ngga terbatas hanya pada blog atau Facebook.

:-?

  • Iklan di Blog

Yang paling popular kaya’nya yah. Ngga harus di blog sih tapi bisa di website. Google Adsense mungkin adalah yang paling top! Iklan di blog ini bisa dalam bentuk PPC (pay per click) contohnya Adsense atau dalam bentuk posting yang dikenal sebagai Paid to Review, yang lagi marak banget especially-nya di Indonesia.

  • Jualan Jasa / Produk Lewat Internet

Yak! Kita bisa jual jasa atau produk sendiri atau juga produk orang lain yang sering dikenal sebagai reseller. Bisa buka toko online via Facebook, Blog atau bahkan Twitter. Jualan jasa via blog pun bisa, contohnya ada Mas @dzofar yang jualan jasa vector via blog pribadinya.

  • Clickbank, Amazon, dsb.

Daannn… Masih banyak lagiii…

Dannn.. Ngga semuanya diukur lewat duit. Sekarang Helda paling suka dengan sistem:

  • Jual Diri via Internet

Bukan jual diri dalam makna negative yah. Hampir sama dengan poin pertama yang Helda sebutkan. Tapi yang ini bayarannya ngga hanya dalam bentuk duit. Mungkin pada pernah dengar istilah #PersonalBranding? Dengan media blog, kita bisa mengekspresikan diri. Orang-orang jadi kenal kita sebagai ini inih. Sebagai contoh Mbak @isnuansa yang seneng nge-share tentang perjalanan wisatanya di blog yang akhirnya Beliau bisa jalan-jalan gratis.

Nah, untuk mencapai itu semua gimana caranya?

Inget! Blog ituh sebenernya adalah media. Jadi kita ngga harus terikat ke blog ajah atau hanya dengan satu cara ajah. Yang penting berani mencoba dan konsisten!

  • Mencoba

Di awal Helda uda nyinggung salah satu contoh. Kemauan sih ada tapi ngga mencoba. Ibarat jatuh cinta, hanya dipendam ngga dinyatakan – sapa yang tau ya kan? Intinya coba aja dulu! Helda jelasin sampe berbuih juga kalu ngga dicoba ya sama ajah. Nihil.

  • Konsisten

Seperti yang Helda bilang di awal artikel inih: “Coba buat 100 posting dulu”. Maksudnya apa? Ketika kita konsisten untuk nulis di blog misalnya, pengetahuan kita pasti bertambah. Kenapa? Kita pasti pengen tauk gimana sih tulisan-tulisan orang lain. Kita ngebacanya dan ngebaca percakapan yang ada. Mungkin ada istilah-istilah baru, nambah perbendaharaan kan yah?

  • Waktu

Dulu Helda ngerasa uda mencoba dan rutin nulis, bahkan 2 post sehari di blog Helda.info, tapi koq ya ngga ada hasilnya, Helda bertanya seperti ituh. Begitu juga di situs-situs Helda yang lainnya. Selama kurang-lebih satu tahun Helda belum dapet apa-apalah bisa dibilang.

Temen online Helda bilang begini: “Ini hanya soal waktu.”

:-w

Yap! Emang bener, waktulah yang menjawab. Perbandingannya gini de, mana yang lebih disegani blogger yang uda 5 tahun nge-blog atau yang baru beberapa bulan? Walau blogger yang baru beberapa bulan ituh punya tulisan bagus, tetep lama waktu kita telah melakukan kegiatan blogging ituh berbanding lurus dengan pengetahuan yang kita dapet. ^^

Kalu kita ngga mau repot-repot belajar lama ada juga jalan pintasnya. Eh, sebenernya bukan jalan pintas deng. Lebih tepat dikatakan sebagai ‘bantuan’. Karena gimana pun tetep kita ya harus mencoba dan belajar, hanya saja kali ini ada yang bisa menunjukkan arah tanpa kita harus meraba-raba dulu.

Sekolah Blog. Helda awal taunya tentang sekolah blog ini pas ikut rombongan salah satu provider telekomunikasi terbesar di Indonesia ke Siantar. Temen Helda, Pak Roni Yunis – dosen STMIK MikroSkill – nyinggung tentang Asri Tadda yang mendirikan sekolah blog, yap, salah satu contoh bisnis online juga. Nah buat kita yang pengen belajar blog dan bisnis online, Sekolah Blog AstaMedia bisa jadi alternatif yang mumpuni.

AstaMedia Blogging School sekarang emang masih adanya di Makassar sejak 26 Januari 2009, tapi bukan berarti kita yang di luar Makassar ngga bisa mencicipinya. Ilmu ampe ke negeri China pasti dikejar. Nah, AstaMedia juga nyediain pelatihan buat kita yang di luar Makassar.

Intinya, kita ngga akan tau kalu kita ngga MENCOBA. Jadi, jangan hanya tanya: “Dapet berapa per bulannya, Hel?” “Gimana caranya dapetin duit dari blog?” – PRACTICE dong, ah! That’s it!
:)

Artikel Helda.info kali ini diikutsertakan dalam Lomba Blog “Bisnis Online” yang diselenggarakan oleh AstaMedia Group.

Yang Nyangkut dari Mesin Pencari:

apa sih bisnis online itu, budaya instan di kalangan remaja, cara mengatasi pernikahan dini, gimana sih bisnis online, artikel budaya instan kalangan remaja, artikel budaya instan di kalangan remaja, bisnis online di kalangan remaja, bisnis online gimana sih, cara jualan di facebook, cara mengatasi budaya instan

23 thoughts on “Gimana Sih Bisnis Online Itu?

  1. wah bagus nih, dapet duit di internet emang gak gampang, dan gak bisa “ujug-ujug” dengan blogging secara konsisten, nanti pasti akan ketemu ide, bagaimana bisa menghasilkan uang dari aktiftas kita di internet,. cth: banyak yg nulis terus ikutan kontes cerpen, jika menang akan dibukukan, itu salah satunya di Leutika Publisher, atau jualan sesuatu yang halamannya bisa disisipkan di PAGE blog kita, [anggap aja sarana donasi],. yang pasti peluang itu ada ^_^

  2. Cari uang lewat blog itu memang butuh waktu, waktu yang lumayan lama. Kayak yang helda bilang, bikin dulu 100 artikel baru ngomong monetisasi blog. Singkat kata blog itu memang penghasil uang jangka panjang, itu pun kalau dikelola dengan konsisten dan tahan banting.

  3. Wihiii…keren Hel postingannya :)
    Yup, bisnis online itu sesuatu banget :D
    Tapi ingat, jangan harap bisa dapet duit dengan secepat kilat :D
    Butuh usaha dan kerja keras pastinya :)
    Sukses buat lombanya :)
    *pengen ikutan, tapi mepet waktunya* :lol:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>