Kuliah atau Kerja?

Kuliah dulu, atau kerja dulu yaaa? Ada yang lagi bingung memutuskan untuk memilih yang mana? Yuk, kita bahas sama-sama, tapi keputusannya masing-masing yah.

;)

Waktu SMA, pasti ngga sedikit di antara kita yang punya pola pikir seperti inih: sekolah – kuliah –kerja. Sebenernya sih ngga salah koq. Helda dulunya juga gitu koq.

Kuliah atau Kerja

Kuliah atau Kerja

Iya. Dulu! ;p Di otak Helda ituh udah terprogram untuk belajar yang rajin, kuliah, trus kerja. Tapiii, ternyata apa yang Helda harapkan ngga bisa. Harus stop sampe: belajar yang rajin. Itu pun ngga serius lagi. Just for info, mama Helda pergiii jauuh dan lupa jalan pulang… itulah yang menyebabkan Helda kaga jadi merampungkan cita-cita untuk kuliah.

:(

Nah, pelajarannya buat kamuh-kamuh. Ngga ada patokan yang kaku sih untuk milih apakah kamu harus kuliah dulu atau kerja dulu. Alasan pertama, ya ituh, pengalaman Helda – kejadian yang ngga terduga. Yang mengharuskan Helda untuk milih ‘kerja dulu’, kuliah belum tau. .*Weks* Ngga mungkin kan Helda maksain diri buat kuliah, eh ntar putus di tengah jalan, gawat juga kan. Yup! Intinya sih ‘kondisi dan kemampuan’ masing-masing.

  • Kuliah Dulu

Kalo emang kamu sanggup, kuliah harus tetep nomer satu. Kenapa? Temen Helda pernah bilang ginih: “Kalo kita kerja dulu. Takutnya keenakan kerja, dah punya penghasilan sendiri. Jadi ngga doyan lagi dah buat kuliah.” Selain itu, kamu jadi lebih fokus untuk nyelesain kuliahmu, trus kamu juga punya persiapan yang lebih matang untuk menghadapi persaingan di masa mendatang.

  • Kerja Dulu

Especially, yang lulusan SMK sih, ‘kerja dulu’ emang pilihan dari awal. Kalo yang lulusan SMA, kayaknya susah de – tapi ngga menutup kemungkinan – kalo kamu punya talenta buat kerja, kenapa ngga?. Kelebihan kalo kamu milih untuk ‘kerja dulu’ adalah ya ntar kalo kuliah udah bisa ngebiayanya sendiri.

Namun, sebenernya ada juga pilihan lain yang mesti kamu pertimbangin. Apa ituh?

:-?

  • Kuliah Sambil Kerja

Kalo kamu termasuk orang yang pinter ngatur jadwal dan konsisten. Nah, yang inih worth it kamu lakuin. Selain nambah pemasukan dan bisa bantu ortu, kamu dapet pengalaman kerja kan?

  • Kerja Sambil Kuliah

Yang ini apa bedanya ama yang di atas, Hel? Menurut Helda ada bedanya. Di sinih kerjanya lebih dominan dan jadi prioritas, sedangkan kuliahnya hanya untuk sambilan ajah ;p. Ya, kalo kamu ngerasa kerjaan kamu udah ‘mantep’, ya ngga apa-apa juga sih. Sapa tau kan, tanpa kuliah kamuh bisa jadi direktur. Huehehehe.

:P

Dari pilihan di atas, yang manakah yang kamu sukai? Yuk, ikutan polling di bawah ini yah atau bisa share juga di kotak komentar. Tulis juga alasannya.

[polldaddy poll=3349833]

Anyway, sedikit wejangan dari Helda nih ye. Mau temen-temen, kuliah, kerja, kuliah sambil kerja, kerja sambil kuliah, intinya harus KREATIF dan FLEKIBEL sih. Minded-nya jangan kaku banget harus ‘dikuliahkan’ atau ‘dipekerjakan’.

;)

Yang Nyangkut dari Mesin Pencari:

kuliah atau kerja, Kerja atau kuliah, kuliah apa kerja, Kuliah, kuliah atau kerja?, pilih kuliah atau kerja, antara kuliah dan kerja, antara kerja dan kuliah, kuliah dan kerja, kuliah apa kerja?

About Remaja Helda

20 Tahunan; Full-time blogger; Merasa menderita Narkolepsi; Anti celana jeans; Psikolog otodidak kehidupan remaja.
This entry was posted in Sekolah & Karir and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

27 Responses to Kuliah atau Kerja?

  1. Untuk anak SMA, biasanya kan ada bidang-bidang yang gak disukai nih, nah sebaiknya fokus aja ke bidang yang disukai dan jadi master disitu. Untuk bidang yang gak disukai? Usahakan dapet nilai standar (Jangan sampai dapat jelek!). Lalu, waktu yang masih tersisa, gunain untuk kerja part time di bidang yang kamu sukai. Dengan gitu, kita dapat pelajaran yang lebih nyata.

    Setelah lulus SMA, teruskan kuliah ke bidang yang menjadi passion kalian. Kejar ilmu itu sampai ke negeri China. Kalau bisa, disini fokus aja ke belajarnya. Setelah lulus kuliah, yakin deh kalian bakal jadi orang hebat.

    Berdasarkan pengalaman dan pemikiranku sih. :)

    PS: Kalau mau kuliah tetep sambil kerja, waktu SMA bangunlah aset. Bangunlah sampai aset itu dapat tumbuh sendiri ketika kamu sudah tidak ada banyak waktu untuk mengurusnya. Dengan begitu, pendapatanmu akan terus mengalir dan kamu bisa tetap fokus sekolah. :)

  2. fajar says:

    ya kuliah sambil kerja..

  3. nich says:

    Jujurnya sih, kalau mau kuliah emang jalur yang ‘awam’ itu ya lewat SMA (itu pemahaman tahun 99 dulu, gak tahu ya sekarang).

    Tapi pemikiran tentang “kalau keasikan kerja, dah dapat duit, lalu lupa kuliah” ya harus disadari juga apa yang mendasari pilihan untuk kuliah. Kalau tujuannya buat nyari kerja, lah toh udah kerja ‘kan? Kalau sekedar buat cari title, lain cerita aw..

  4. phiy says:

    aku pilih kuliah dulu. Soalnya…. ya krn aku udah terlanjur kuliah duluan :D Diakhri semester baru coba cari pengalaman kerja deh, hehe

  5. deady says:

    hm…sulit juga ya
    memang ini pilihan yang susah. Membutuhkan kontemplasi
    tapi ya itu
    saran dari Helga keknya udah cukup ngebantu frsh graduate dari esema deh:p

  6. aRai says:

    aku milih kerja sambil kerja, soalna emang itu yg sekarang aku lakuin … setelah kerja bertaun2 akhirna bisa ngelanjutin kuliah … hehe

  7. anakbaikindoneisa says:

    kuliah sambil kerja lah … gw baru buat blog nih … baca posting gw dnkk trus ajarin gw nge blogg .. please

  8. alief says:

    yang jelas sie sesuaikan kemampuan dan kemauan. karena kaloe emang gak mampu dan memaksakan kuliah, hasilnya juga gak akan baik.begitu pula sebaliknya, gak ada kemampuan memaksakan diri untuk kerja dulu, hasilnya juga gak akan baik

  9. yop says:

    salut dengan u blog positf&bermanfaat

  10. Sam says:

    Gw mau mnt sran nih.
    Gw bru aja ditrima di PTN lewat jalur SNMPTN.
    Tp aku bingung sma dgn postingan ini.
    1)keadaan ekonomi standar,2)blm ada kmampuan lngsung krja cz gw llsn SMA,3)kakak gw brsdia bntu,tp gw mrasa g mrpotkan aj.4)dan sbnrx gw pngen bgt kly,smpe2 brjuang mati2an bwt lu2s SNMPTN. Thx

  11. maria says:

    Kuliah dulu baru kerja bagi yang orang tuanya mampu. Tapi kalau gue pilih kerja sambil kuliah sih….

  12. Monic says:

    Aku dulu sejak jaman SMA udah terbiasa sekolah sambil kerja sih, seneng aja bisa punya uang tambahan sendiri. Ada kok alternatif kerjaan yang ga membutuhkan banyak modal & waktu yg kusiapkan juga minimal 2 jam sehari.
    Kalau Helda pengen tahu, jalan2 ke websiteku aja yaa…

  13. Ratih purnama dewi says:

    kalau lulusan smk giman tuh?
    aku smk pariwisata tapi kalau kuliah jrsn prwsta lg psti lebih mahal biayanya…
    nahh..
    pengennya kuliah, tapi sambil kerja part time gitu deh

  14. Kuliah sambil kerja ;;;
    mungkin masalahnya itu emang di waktunya aja,,,
    lumayan juga pulang kul langsung krj.

    tapi enaknya itu pas lagi libur kul yang biasanya sekali libur itu berbulan2.. yang kuliah sambil krj jadi gak cuman diam dirumah aja pas liburan. (penglmn prbd.. he)

    kuliah nomor 1,

    tapi,,,

    hobby dan kerja DIUtamakan,

    wkwk

  15. kuliah atau kerja?? hal tersebut selalu menjadi dilema bagi adik-adik SMA/K. Kunci nya adalah harus bisa mengukur kemampuan perekonomian orang tua. Bagaimanapun juga, Keadaan ekonomi orang tua sangat menentukan nasib kita selanjutnya.

    Solusi alternatif bagi adik-adik SMA/K setelah lulus kuliah, memilih lembaga pendidikan yang mempunyai tujuan yang jelas kedepan nya. Adalah AVIA NUSANTARA “sekolah pramugari dan ground staff”. Program pendidikan 1 tahun dan 90% mahasiswa nya sudah bekerja sebelum lulus. Terbukti, dari semua lulusan Avia Nusantara bekerja di semua maskapai baik Nasional maupun Internasional.

    call center : 031-8722559

  16. ryan hidayatulloh says:

    i like the two both,,,,,,,,,

  17. annish says:

    krj smbl kul. . blh tuh . .
    bgi yg mw mndri,
    tnp hrz ng’bbanin ortu lg

  18. aku pilih kuliah dulu. Soalnya…. ya krn aku udah terlanjur kuliah duluan

  19. ut says:

    kuliah sambil kerja itu yang kujalani,,,tpi pas waktunya kkn,,,mampus,,bagi waktunya,,,tempatnya pun jauh,,itu yang membuat aku bingung,,,apalgi belum ada izin dari kantor,,,,haruskah aku korbankan sala satunya

    • Krishna says:

      hebat km sobb ..!maaf sob, ini cuma cara pandang yg bbdeera.ketika sesuatu itu dipandang posisitif maka seluruhnya akan menjadi positif tp kalo negatif yahh seluruhnya negatif.dikasus ini pandangn negatif ORTU walaupun dia sudah melakukan yg positif krn cara pandng kita yg negatif hasilnya yahh negatif (begitu sebalikny) kenapa km sy anggp hebat.secara tidak langsung km sudh didik lebih hebat dibandingkan yang lain, buktinya km dah kerja duluan n biaya sendiri. km melihat diri kamu gak disaynk, tp kita yg denger km? lebih menghargai km dr yg lain. apalgi orang tua km. jd orang tua km sebenernya dihati kecil mereka tetep memandang km itu bisa .masalh km gak dibiayaiin bukan tidak ada alasan, pertama km dah kerja sedang adik kmu belum dan ORANG TUA menganggp mereka blm bisa seperti km. sedng biaya kuliah hanya cukup wat adik km. positif lg kannn buat km dibanding yg lain.settelah itu berssyukur dan merasa puas adalah yg terbaik +1 Was this answer helpful?

  20. Ihsan says:

    Dulu pengen kerja ngumpulin uang buat kulian, tapi sekarang dah gak minat kuliah, pengen wirausaha……!!!

  21. kalo kerja sambil kuliah boleh juga tapi kalo kuliah sambil usaha knpa tidak??? kebanyakan orang di negara kita tuh berpikir kerja so lowongan pekerjaan ibarat satu gula di perebutin ma seribu semut.. coba yang kuliahan tuh ngebuka usaha sendiri,, selain punya title yang di banggain juga punya usaha yang dapat di andalkan, insya allah..

  22. kalo saya pribadi dulu kuliah sambil kerja. tapi alangkah lebih baiknya jika kuliahnya diselesaikan dulu baru dilanjut kerja. karena kebiasaannya manusia, kalo udah kenal duit jadi males untuk terus belajar.

  23. hirlan says:

    trimakasi mbak hilda
    saya jadi mantap

  24. adeetz says:

    kuliah smbil kerja mas pasti enak hehe

  25. Frans Pasapan says:

    Kalau aku….mau kuliah sambil kerja……supaya ilmu yang saya dapatkan langung diterpakan. haaaaaaaaaaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>