Remaja Produktif – Remaja dengan Segudang Aktivitas?

Remaja sekolah produktif - yang ada dalam benak saya sewaktu masih di bangku sekolah adalah mereka para remaja yang punya segudang kegiatan. Bisa itu mulai dari sekolah, kursus bahasa Inggris, kegiatan ekstrakurikuler, ikut bimbingan belajar (bimbel), mengerjakan PR, kerja part-time dan sebagainya. Cita-cita Helda juga begitu. Dalam pikiran saya: Wow! Betapa kerennya saya jika bisa punya banyak kegiatan. Yup! Saya bakal dicap sebagai remaja aktif, produktif dan kreatif!

Akhirnya, saya bisa juga seperti yang ada di benak saya walau tidak persis. Pagi berangkat ke sekolah, setelah pulang mengerjakan PR dan membahas-bahas soal sambil makan, lalu ikut bimbingan belajar sampai jam 6 sore. Pukul 18:15, kursus bahasa Inggris sampai jam 19:30. Malam mengerjakan PR, belajar dan sebagainya. Kalo ngga ada bimbel dan kursus, coba-coba ngajar teman-teman untuk penghasilan tambahan.

;;)

Bangga? Ya, Helda bangga nyeritainnya. Hihi. Tapi, apa yang saya dapat? Untuk awal-awalnya, pasti asyik bercampur rasa bangga – menjadi remaja sekolah produktif! Namun, setelah beberapa waktu, apakah masih produktif? Helda bilang nggak! Baru terasa kalo semua aktivitas yang dilakukan tersebut sia-sia! Ngga ada yang bisa diambil manfaatnya, ngga ada yang masuk ke dalam otak.

Bagaimanapun, bukankah setiap manusia punya keterbatasan. Akan tetapi, keseringan yang terjadi adalah manusia ingin lebih dan lebih. Terutama remaja, yang memang tidak dipungkiri – tenaga masih kuat, otak masih encer dan penuh semangat. Cita-cita pun berlipat ganda.

Padahal pepatah bilang: “Raihlah cita-citamu setinggi bintang di langit”, bukan: “…Sebanyak bintang di langit”. (Hehe, ini analisis dari Helda).

Nah, yang ada dalam pikiran remaja yang ingin dikatakan sebagai remaja produktif itu: bagaimana aku bisa mencapai semuanya, bagaimana aku bisa berprestasi di semua, dan bagaimana aku bisa di semuanya. Padahal kita tahu, itu bukanlah hal yang mungkin!

Kenyataan mengatakan kita harus fokus! Walau ada beberapa orang yang dikatakan multi-talented – jago nyanyi, menari, akting, juara di sekolah, dan sebagainya. Tapi, coba perhatikan apa dia bisa mencapai semua kemampuannya itu “setinggi bintang di langit”?

Sama halnya dengan melakukan aktivitas, kita harus pintar-pintar menetapkan prioritas. Jangan karena semangat membara semata, mengambil tindakan gegabah dengan mengikuti kursus ini-itu, ikut ekstrakurikuler, kerja part-time, gabung dalam komunitas ini-itu, belum lagi sekolah dan sebagainya, eh… Yang ada malah jatuh sakit atau katakanlah “titik jenuh yang sangat dramatis”!

#:-S

Dimana produktifnya, hayo? Bukankah produktif itu berarti menghasilkan. Kalo jatuh sakit kayak yang disebut sebelumnya, apakah produktif namanya?

Intinya, terlalu banyak aktivitas malah akan mengurangi produktivitas. Lebih baik prioritaskan aktivitas, maka produktivitas naik ke atas!

Itu baru namanya: remaja produktif!

:)

Yang Nyangkut dari Mesin Pencari:

aktivitas remaja, aktifitas remaja, remaja produktif, produktivitas remaja, aktivitas remaja indonesia, kegiatan remaja indonesia, kegiatan remaja, Remaja sekolah produktif, aktivitas remaja sekolah, kegiatan remaja sekolah

About Remaja Helda

20 Tahunan; Full-time blogger; Merasa menderita Narkolepsi; Anti celana jeans; Psikolog otodidak kehidupan remaja.
This entry was posted in Sekolah & Karir and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

23 Responses to Remaja Produktif – Remaja dengan Segudang Aktivitas?

  1. rangga says:

    ehm.. nice post…. dengan menulis saja sebenarnya kita bisa dibilang produktif kok… heheheh… salam kenal… ditunggu folow baliknya yaah… :D

  2. nich says:

    fokus selalu jadi hal yang penting, tentunya dengan dibarengi penempatan prioritas yang baik..

    nah kalau udah salah kaprah, kita jongkok bareng aja di pojokan yuuk.. kali-kali aja ada bintang jatuh dari langit :D

  3. dawiecool says:

    betul2…. setuju saya. tapi kalau hanya aktifitas saja, bisa saja kan tanpa ada nya produktifitas? gimana kalau aktifitas untuk berproduksi saja? hehehe

  4. bner jadi remaja sekarang emank kita harus effektif + kreatif dan inovatif..^^

    salam kenal dan sukses…
    tanks 4 Helda yg udah berkunjung ke blog saya…^^

  5. oups salah bukan effektif tp produktif…hehhee :D

  6. buJaNG says:

    Yang penting bisa berkarya….

  7. sewa mobil says:

    kreatif, banyak ide, and aktif…….:P
    salam kenal :D
    kunjungan pertama di blog ini…
    nice blog

  8. marsudiyanto says:

    Sudah Lupa,
    Remaja saya dulu gimana…

  9. shFy says:

    Remaja yah??
    meski saya seorang remaja yg dianggap lempeng” ajah..
    tapi sesuatu hal yg kamu anggap dpt membahagiakanmu.
    So, terusin ajah itu daripada mengurusi perkataan orang..

  10. muji says:

    betul sekali, mbak. welcome back…

  11. fraders says:

    wah… helda… pengalamanmu sama kok dengan pengalaman saya.. coba aja baca di artikel saya yang “saya workaholic ?” (hehehe…promosi mode)

    helda.. seenggaknya lumayan kan… masa remaja punya warna yang beraneka ragam.. ga cuma hitam atau putih doank…

    lagian segala sesuatu itu pasti ada positive sidenya juga kok… belajar — nilai bagus ; kursus inggris — buat bekal masa depan ntar ; nyari uang tambahan — lumayan kan uang jajan bertambah…

    fuh… cape juga nih ngetiknya…btw.. komentar ini cuma opini seorang yang sok tau aja lho…

  12. Hi Helda,salam kenal ya..

    Wah yang namanya remaja emang paling seneng nyari aktivitas segudang.

    Bukan berarti hal tersebut ga baik lho hel,kalau menurut saya. memang di saat2 seperti itulah seorang remaja harus melalukan dan mencoba banyak aktifitas

    Agar ia tahu apa sebenarnya hal yang memang menjadi minat dan bakatnya. nah setelah ia baru baru fokuslah tujuannya.

    Fokus untuk spesifik berlatih pada hal2 yang bemang bener2 menjadi minat dan bakat agar kemampuan dapat tersalurkan secara optimal.

    Dengan cara itulah baru produktivitas bisa terjadi

    • Helda says:

      Yup! Terima kasih atas masukannya…
      Dan tambahan, pun banyak aktivitas tapi dilakukan secara terorganisir.
      ;)

  13. Ngena banget nih postingnya Mbak Helda… Saya baru saja berencana mengejar beberapa target sekaligus… But now, saya harus berpikir ulang nih… :D

  14. Pingback: Liburan Sekolah: Paket Liburan Sekolah Remaja Sekolah | Blog Helda Remaja Indonesia

  15. cherly says:

    hei Helda, salam kenal yach.

    ne kali pertama aku berkunjung di blog kmu.
    kesan pertama aku, it’s interesting.

    dan emang bener, bntr lg aku mo liburan, mudah2n saran dari helda bisa menjadi masukan bwt aq, thnx. :)

  16. Pingback: Tips Mr Miss Telat Waktu - Belajar Mengatur Waktu | Blog Helda Remaja Indonesia

  17. Pingback: Sukses Kerja Part Time! Pelajar Juga Bisa Kerja Part Time! | Blog Helda Remaja Indonesia

  18. Pingback: " ???? "

  19. Pingback: Komitmen Cinta - Cinta Remaja | Blog Helda Remaja Indonesia

  20. mantep gan, salam kenal

  21. Pingback: kata-kata jomblo « ikwanms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>