Kenapa Aku Selalu Kekurangan Duit???

Awal bulan, pastinya kantong masih full! Hihi. Btw, masih bertahan ngga’ yah tuh duit bulanan? Agak telat buat posting ini, tapi kalo’ dah telat pun, bulan depan atau kapan aja mungkin berguna.

:P

Entah kenapa duit yang diterima baik dari uang bulanan dari ortu atau udah gajian, selalu aja ngga’ tau hilangnya kemana. Ngga terasa bisa habis gitu aja. Wuih! Pengalaman saya juga nih: kenapa aku selalu aja kekurangan duit?

Sebenernya sih kayaknya duit itu emang selalu kurang kalo sudah di tangan. Mau berapa banyak uang pun! Jadinya, mau gimana? Kalau masih tinggal barengan orang tua sih, mungkin tenang-tenang aja. Tapi, gimana kalo udah ‘mandiri’?

Apa pun yang dipelajari sejak remaja dan sebelum benar-benar dalam ‘keadaan sebenarnya’ pastinya lebih bagus kan? Nah, kalo’ gitu kenapa ndak dari sekarang belajar buat mengelola uang dengan baik?

Yup! Saatnya kita yang mengatur uang, bukan uang yang mengatur kita. Jangan mau dijajah uang!

**==

Helda punya beberapa tips, yakni sebagai berikut:

1. Buatlah Anggaran

Yang satu ini emang penting banget demi kelangsungan kehidupan bangsa. Ketika uang sudah di tangan, kamu jadinya sudah punya gambaran “mau diapakan duit” ini. Tapi, inget, anggarannya harus yang realistis – dan jangan lupa buat menabung!

2. Dahulukan kebutuhan bukan keinginan.

Ini sering terjadi. Kalo udah ngeliat barang bagus aja, lupa deh sama anggaran keuangan yang udah dibuat. Yang seharusnya adalah ‘keinginan’ malah naik predikat jadi ‘kebutuhan’. Lah, si ‘kebutuhan’ jadinya kemana? Ujung-ujungnya bisa ketimpa utang, bukan ketimpa tangga lagi.

3. Buat catatan dan selalu perhatikan uangmu.

Hampir sama dengan poin pertama, tapi tetep beda. Yang pertama lebih ke UUD-nya kali ye, sedangkan poin ketiga ini lebih kepada manifestasinya.

Bukan hanya pacar yang diperhatikan ya, Bo’! Ini berdasarkan pengalaman saya, terkadang saya malas ngitung uang tiap harinya. Jadinya, ya gitu deh… Udah berapa hari baru kerasa: “koq duitku tinggal segini yah!” Maka dari itu, selalu periksa uang kamu. Sebisa mungkin jika kamu menggunakan uang, catat pengeluaranmu!

4. Lunasi utang-utang

Jika kamu punya utang, jangan deh ditunda-tunda bayarnya. Ntar malah makin numpuk lho. Apalagi kalau kamu ngutangnya sama lintah darat.

=))

Kita tidak pungkiri jika ada saja yang membuat kita mengeluarkan duit yang tidak masuk dalam anggaran. Ya, paling ngga nantinya bisa melewati jumlah yang sudah ditetapkan. Maksudnya, Hel?

Kan sering tuh, teman-teman ngajak belanja-belanji. Pengen? Ngerasa wajib buat ikutan demi gengsi? Sebaiknya jangan karena alasan itu. Susah ntar jadinya. Ngga salah sih buat ikutan kalau kamu ‘mampu’, tapi kalo’ ngga, lebih baik ditolak aja atau kamu punya tips supaya hemat dalam berbelanja?

Helda dulu ya. Ada 2 pilihan:

  1. Belanja bersama teman yang emang bisa mengendalikan hasrat berbelanjanya dan membanding-bandingkan harga dulu. Intinya, ngga maen borong aja.
  2. Belanja bareng Mama. Yang satu ini ndak perlu diragukan lagi deh! Haha. Dengan duit yang cuma sedikit, bisa memperoleh banyak. Kamu bisa belajar caranya menawar harga dan membanding-bandingkannya.

Dari kedua pilihan tadi, kamu bisa belajar caranya menghemat uang dan mengaturnya. Akan lebih bagus kan kalau dimulai sejak masih bersama ortu. Oya, saran Helda lagi nih. Jangan biasakan belanja sama Papa kamu, yang ada kamunya malah nganggep ‘semua itu gampang’. Itu saran Helda lho.

:))

Segitu aja deh yang Helda tau. Intinya: Dahulukan kebutuhan bukan keinginan. Masih kurang? Yuk, kasih tanggapan, gimana sih cara kamu mengatur dan mengelola uang.

Selamat ber-weekend ria,

Setelah weekend harus tetep ceria!

(*)

Yang Nyangkut dari Mesin Pencari:

cara menghemat uang, cara hemat uang, tips hemat uang, cara menghemat duit, cara menghemat uang bulanan, Tips menghemat uang, tips hemat, cara memanage uang dengan baik, Cara menggunakan uang dengan baik, cara hemat duit

About Remaja Helda

20 Tahunan; Full-time blogger; Merasa menderita Narkolepsi; Anti celana jeans; Psikolog otodidak kehidupan remaja.
This entry was posted in Dirimu! and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

56 Responses to Kenapa Aku Selalu Kekurangan Duit???

  1. Pingback: Sukses Kerja Part Time! Pelajar Juga Bisa Kerja Part Time! | Blog Helda Remaja Indonesia

  2. Cindy says:

    Yua gmn ya,sya sih loq udh ama uang psti cpet abs.
    Aplg sy nie pljar smp klas 2,stiap blan dksih uang anggrn.
    Tp itu bg q gk ckup..
    Soalnya buat blanja,n sgla mcm..
    Jd sy ni pngn bngt jd ank yg hmat,biar ortu q gk tekor ngsih kan uangnya.
    Hehe.
    Sya bngung ni mau coment apa,gk ush coment yaaaaa..
    Hihihi

  3. hay, aku rizqa dari makassar
    karena tips mu, aku jd sadar, ternyata selama ini aku payah dalam mengelola keuanganku sendiri…aku selalu lupa kalo udah dlm toko, pasti deh aku ingin membeli sesuatu yg kadang hanya sehari aku pakai

    thx atas tipsnya…dan mulai saat ini, aku akan membuat anggaran keuanganku sendiri :D

  4. novi says:

    kalo aq g tw yah prsaan udh bwt cttan anggran v kq ky’a msh aj uang kurang,gmn itu yach,,,

  5. elisa almeida says:

    ya ya ya..saya juga pengen nabung..uang…tapi gimana caranya ya….soalnya qu juga nda bisa….hemat…..tolong bantu aku tman teman…please deh…kasih sarannya….

    mohon di sarankan ya….

  6. heru kuswoyo says:

    hmm sama saja..uang habis gali lubang tutup lobang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>