Long Distance Relationship, Mampukah?

Dari hasil survey saya selama ini, ngga deng, yang bener tuh dari hasil tanya-tanya selama ini ke teman-teman, mereka ogah dengan yang namanya Long Distance Relationship. Alasannya?

“Kalo aku kangen, terus pengen ketemu dia, pengen di deket dia, kan ngga bisa, Hel! Lagian pasti tiap malam minggu, sendiri. Iri dong liat yang lain.”

Salah satu jawabannya itu tuh.

Nope! Bullsheet dengan yang namanya LDR (baca: Long Distance Relationship). Penuh dengan kemunafikan! Paling lama kemarin itu setahun aku ngejalaninya.”

Nah, komentar pertama itu adalah komentar dari teman saya yang usianya 20 tahun. Maklum berondong, Bo’! Sedangkan yang si narasumber yang kedua sepertinya pernah kecewa dengan hubungan jarak jauh ini.

Setiap orang punya opini masing-masing baik itu berdasarkan pengalamannya ataukah hanya dari perasaannya saja. Tidak dilarang koq!

:wink:

Lalu, bagaimana dengan mereka yang sedang menjalaninya? Bagaimana mereka bisa bertahan (apalagi mau Valentine’s Day ya, Bo’! Hehe).

Iri melihat pasangan lain yang mungkin bisa berduaan [di hari yang disebut-sebut sebagai Hari Kasih Sayang dan penuh cinta  itu?] Hmm.. Menurut saya itu bukanlah masalah.

Malah hal tersebut bisa menjadi bahan pelajaran untuk menerapkan pengendalian diri. Belajar bahwa suatu ‘kemesraan’ itu tidak hanya didapat dari kedekatan fisik.

:D

Lagian, jarak dan waktu bukanlah halangan lagi saat ini. Ada telepon, handphone, SMS, chatting-an, webcam, dan sebagainya. Sekarang tinggal kitanya – bagaimana bisa membuatnya begitu menyenangkan!

Lalu komentar yang kedua. Kecewa dengan yang namanya pacaran jarak jauh yang katanya dipenuhi oleh kebohongan, ketidaksetiaan dan kemunafikan! (Tiga kata yang sebenarnya sama aja maknanya. Hehe) Justru ketiga inilah yang perlu diperbaiki. Kalau orangnya memang ngga’ sanggup dan kebetulan emang tukang selingkuh, gimana pun bakal ngga‘ akan bertahan.

Jadi, apa kiatnya supaya sukses menjalin hubungan jarak jauh? Sama halnya seperti pacaran pada umumnya: komunikasi, kesetiaan [kejujuran] dan saling percaya.

Komunikasi juga bukan komunikasi asal-asalan dan bahkan kadang percakapannya menjurus ke hal-hal negatif. Yang ada ntar kayak phonesex, cybersex, dan lain-lain. Walau tidak dilarang untuk bersikap mesra sewaktu mengobrol, tapi ingat! Jangan sampai mendominasi pembicaraan. Bukankah lebih bahagia jika kita bisa memecahkan suatu masalah bersama-sama walau berjauhan, dan banyak lagi percakapan membina lainnya.

:wink:

Kesetiaan, kejujuran dan saling percaya. Ini nih masalah yang lain lagi. Kerap kali terjadi bahwa salah satu pasangan (atau mungkin keduanya) saling curiga. Pertanyaan yang ada adalah sebagai berikut:

Kamu dimana?

Dengan siapa?

Semalam berbuat apa?

Lagu siapa itu ya? Hihihi. Salah satu pihak akhirnya merasa terlalu dikekang. Kening pun selalu mengernyit.

Oke. Sekarang saatnya untuk menerapkan! Cuma itu jalan satu-satunya.

:wink:

NB: Saya menulis tentang LDR bukan berarti saya pakarnya lho.

Yang Nyangkut dari Mesin Pencari:

long distance relationship, long distance relationships, tentang long distance relationship, Long Distance Relation, Longdistance Relationship, long distance relationship adalah, Long distance relationsip, apa itu Long Distance Relationship, tips long distance relationship, apa itu long distance

90 thoughts on “Long Distance Relationship, Mampukah?

  1. LDR???gue bnget nihh..
    Mdn-Jkt….
    yah abisnya mo gmn lagi…kerjaan gue blom bisa dipindahin…(heheheheehe)
    tapi menurut gue inilah Cinta….gmn pn mo deket atau jauh yg namanya hubungan itu harus ada komitmen…
    lha yg deket ajh bisa selingkuh..gmn yg jauh coba..
    tapi y itu tadi kalo mank pny niat yg baik n serius buat ke depan gmn pun susahnya..kita pasti bisa bertahan…sukses buat tmen2 senasib…smogah kita langgeng ampe maried yah….

    • gk tw ya,,,qu LDR udah 6 bulan,,,n kebanyakan qu lbh betah LDR di banding pcaran yang face to face,,,tp qu bingung ini bkalan berlanjut ke thap berikutx gk ya??

      • Wah…enak bgd klo bisa LDR,
        Nah aq..
        ditinggal LDR 6bln , trus dpet kbar “AQ DAH PUNYA CWEK LG” sakit gag tuh???
        Tp Hrus prcaya, km bisa koq!!!

  2. q sjak awl hub uda LDR krn kbtln domisili bda,,,tapi yakinkan untk trs jaga komunikasi,komitmen n percaya q kira ke3 aspek ni kunci untk kesuksesan hub LDR..

  3. Buatku hubungan jarak jauh tu gak jadi masalah, dimanapun qt dan pasangan qt berada asal bisa saling percaya dan setia, why not?
    Walaupun aku pernah kecewa waktu menjalani LDR tapi q tetep mau untuk mencobanya lagi, karena kesalahan masa lalu dpt jd pelajaran berharga.

  4. hmm…
    skrg aq baru bener2 ngrasain LDR..
    hhu..
    jkrta-malang..

    gilag…
    aq gag nyangka bakalan secepat ini berpisah..
    kenyataan ini bener2 terjadi disaat masi indah bersamanaya..
    6 bulan bersama buat 6 taon berpisah..
    yaa..setidaknya uda berkomitmen lah..
    smoga bisa slamanya bersamanya…:)

  5. nah ini dia hel alhirnya ketemu juga nih judul dari dulu qu dapat cewek selalu jauh mending kalo jaraknya dari bekasi ke jakarta ga masalah tp ini broo jauh amirrrrrrrr…bekasi-sukabumi. Kebayang ga tuh hel kalo mau malam mingguan kayak apa ?? telpan sih sering tp ga enak kalo dengar suara aja mau pakai 3g ga punya hpnya… balik lagi ke judul hel yang namanya LONG DISTANCE waduh rasa cemburu tingginys melebihi dari panas air panas eui….

    tp th4nks hel akhirnya ogut bisa cerita juga di forum helda. CU helda (0|0)
    V

  6. sekarang aku juga lagi ngejalanin LDR Bandung-Semrang…cukup jauh.dan aku g pernah ketemu.menurutku g ada masalah dengan hal itu, karena udah terbiasa ngjalanin kaya gitu sebelumnya.yang jadi masalah kok cwo ku cmburuan banget ya,kita sering punya masalah hanya gara2 aku koment2an di FB. gimana nih solusinya…????

  7. Hy ..
    LDR , qu prnah jalanin itu tp cm bertahan 6 bln. Padahal hub qt dah 3th.
    Sulit bgd ya buat cow bisa SETIA sama pasangannya.
    Aq SETIA nunggu eh dy malah ngabarin klo udah pnya pasangan, huh….
    Sdih..

  8. intinya cuma 1,, saling percaya… emang sih, kadang2 ada rasa curiga n cemburu gt.. tp kalo dari masing2 personalnya bisa pengertian pasti berjalan lancar.. aminnn
    NB:
    buat yg ngejalanin LDR.. ga usah sedih.. Tuhan pasti kasi jalan yang terbaik buat kalian… :)

  9. Idem, aku jg LDR Tangerang-Semarang. Kadang aku tugas ke LN atau dia yg tugas ke luar (jd makin jauh deh :D). Tapi sejauh ini sih ga masalah, ga pernah curiga atau cemburu yg aneh2, malah udah saling kenal keluarga masing2. Dia kasih kebebasan sm aku buat temenan sm sp aja, begitu jg sebaliknya. Point buat percaya n setia ky yg disebut di atas bnr bgt. Mau Short Distance tp klo judulnya cuma Main2 plus Ga percaya n Ga setia sama pasangan jg percuma, ujung2nya bakal ada yg selingkuh. Intinya, tergantung keseriusan hubungan tsb dijalanin :)

  10. ^^ aKu LDR jua .. waLaupuN aGak susAh .. !!taPi ak bSEMANGAD !! coZ aKu saYang bgd aMa dia ..

    jaWa^kaLimanTan

  11. gue juga nih LDR sama cowok gue. Dia mendadak pindah ke Perth buat sekolah dan sekarang sih udah 5 bulan kita berhubungan jarak jauh gitu. Dan kita udah pacaran selama 1 tahun 10 bulan. Keluarga gue sama cowok gue aja bener-bener deket banget banget.
    Sebenernya iya ternyata LDR gak segampang yang gue kira, bener-bener susah deh apalagi kalau gue sibuk kuliah atau dia lagi ulangan gitu, sehari cuma bbman berapa lama doang. Skype juga yaa 3 minggu sekali. Kalau lagi gak ada apa2 seminggu sekali. Gue sih bangga sama cowok gue bisa percaya banget sama gue care sama gue, walaupun kadang gue tau dia cmburu tapi dia milih buat diem dan tetep baik sama gue :-) nah gue nya itu yang sering cemburu, soalnya trauma sih dulu pernah ada kjadian yang parah banget antara gue sama cowok gue. Tapi dengan gue baca post ini gue bersyukur banget, seenggaknya gue bisa ambil pelajaran dari sini, biar bisa lebih bangun rasa percaya ke cowok gue dan gak sering cemburu. :-D
    Goodluck yah buat semua yang lagi ngejalanin LDR! Dan yang pasti jangan lupa berdoa terus buat pasangannya :-)

  12. Semua tergantung dr Pendewasaan diri bagaimana kita hrs menahan rasa Sabar and Pattience No Matter for Everything :)
    percaya dweh semua bakal baik2 ajaa kalo saling percaya..
    aku ngalamin Loh,,mpe skrg married !!!

  13. aq udah 4 tahun LDR solo – jkt, ketemu setahun sekali pas lebaran doank, moga ni yg terakhir dah ^_^ yg terpenting ya tetep komunikasi, tiap hari pasti dy telfon,kayak minum obat malah,minimal sehari 3 kali, jiahahah..

    • gue udah 10 Bulan LDR , susah sih , harus sabar , percaya ., dan buang Fikiran negatif kita ke pacar kita . pokoknya susah suasah gampang deh , gue sama pacar gue beda 6 jam bro . do dia sore di gue malem . kalo dia tidur gue bangun, kalo gue bangun disana die masih tidur , kapan kita mau ngbrol :'(

  14. LDR ? sesuatu tantangan yang menarik dalam menjalani suatu hubungan :) gue bisa ngerasain gimana rasanya pacaran jarak jauh yg kadang ngerasain kesepian ato apalah . cuma orang yg kuat dan punya keyakinan tinggi yg bisa ngejalanin hubungan ini . dan alhamdulilah gue udah berjalan 9 bulan tanpa hambatan apapun :)
    surabaya <3 bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>